Fonts Dalam Pembuatan Website

Fonts tidak hanya sekedar pelengkap. Nyatanya, fonts ini memegang peranan luar biasa dalam mendukung pertumbuhan situs. Dan biasanya jasa pembuatan website Bandung hanya menerapkannya sesuai standar.

Masalahnya, fonts standar terkadang tidak cocok dengan jenis situs. Ketika dipaksakan, elemen ini malah menurunkan pengalaman pengguna. Akibatnya, pemiliknya kesulitan dalam mendapatkan pengunjung.

Menyadari situasi ini, Anda seharusnya lebih memahami kebutuhan target. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum mengaplikasikannya. Nah, bagaimana cara menentukan fonts yang tepat untuk website?

Manfaat Fonts Dalam Website

Fonts ini memiliki karakteristik yang berbeda. Karakteristik ini sedikit mewakili siapa yang sebenarnya cocok untuk menggunakannya. Jadinya, Anda tidak boleh sembarangan dalam memutuskannya.

Manfaat Fonts Dalam Website

Ketika Anda menempatkan fonts yang tepat, Anda bakalan memperoleh manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaatnya ialah mendukung keterbacaan konten. Itu sudah pasti lantaran fonts merupakan karakter untuk sebuah bacaan.

Manfaat lainnya ialah menjaga loyalitas pengunjung. Betapa tidak, orang yang menyukai jenis fonts tertentu pastinya lebih betah ketika menjumpainya. Sederhananya, fonts dapat mempengaruhi emosi seseorang.

Kemudian yang tak kalah penting, fonts ini juga dapat mendukung pada kebutuhan optimasi. Ketika keterbacaan konten cukup jelas, situs akan dinilai baik. Penilaian seperti inilah yang membuat situs dapat bertahan lama di Google.

Cara Memilih Fonts Untuk Website

Pemilihan fonts yang tepat dapat memuluskan tujuan Anda dalam membangun situs. Sadar akan hal ini, Anda seharusnya lebih jeli dalam menentukannya. Kemudian mengaplikasikannya sewaktu membuatnya di jasa pembuatan website Bandung supaya tidak perlu memperbaruinya Kembali.

Cara Memilih Fonts Untuk Website

Mengenai cara memilihnya sendiri, ada beberapa tahapan yang bisa Anda praktikan. Di antara langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Kenali Siapa Pembacanya

Sebelum merilis sebuah website, Anda tentunya telah menetapkan siapa yang ditargetkan. Misalnya apakah anak muda, dewasa, atau orang tua. Bahkan, laki-laki ataupun perempuan.

Orang yang ditargetkan tentunya memiliki karakter dan kepribadian sendiri. Anda tidak bisa menyama ratakan. Karena beda target, maka beda sudut pandangnya.

Contohnya orang tua. Fonts yang berukuran kecil dan seperti tulisan kaligrafi tentunya tidak cocok. Karena orang tua akan mengalami kesulitan dalam membacanya.

Orang tua hanya menginginkan gaya Bahasa formal, sederhana dan tulisannya mudah dibaca. Jadi, Anda perlu menerapkan jenis fonts yang mampu mendukung kenyamanan orang yang akan membacanya.

  • Gunakan Maksimal 3 Jenis Fonts

Sebenarnya, satu jenis fonts saja sudah cukup. Tetapi untuk kepentingan desain, Anda bisa bereksperimen dengan dua atau tiga jenis.

Jenis fonts yang bisa digunakan untuk membuat headline, sementara sisanya untuk body artikel.

Kemudian, usahakan agar tidak melebihi dari 3 jenis. Alasannya supaya tidak menimbulkan permasalahan seperti pemuatan situs yang lambat. Karena kebanyakan, fonts ini diambil dari pihak ketiga.

Ketika terlalu banyak, pemuatan akan semakin lama. Jika ini terjadi, website tidak memenuhi kriteria dari kebijakan Google. Makanya, situs bisa saja kesulitan untuk ditemukan di halaman pencarian.

  • Perhatikan Klasifikasinya

Ketika memilih fonts, lihat bagaimana kinerjanya dalam sebuah website. Perhatikan klasifikasinya supaya tidak salah pilih.

Minimal, Anda memperhatikan ukuran dan tingkat kemudahannya dalam hal baca. Selain itu, jarak spasi dan antar huruf tidak terlalu renggang ataupun mepet. Karena ini berkaitan langsung dengan bagaimana sebuah kalimat terbaca oleh pengunjung.

Akhirnya, betapa pentingnya sebuah fonts dalam website, harusnya Anda lebih jeli dalam memilihnya. Pilihlah sekiranya pembaca nyaman untuk membacanya. Jika sudah, beritahukan pilihan Anda pada jasa pembuatan website Bandung supaya disematkan dalam situs yang dikerjakannya.